Struktur atau Bagian-Bagian Program C++

    Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Struktur atau Bagian-Bagian Program C++. C++ sendiri merupakan bahasa pemrograman yang diciptakan pada tahun 1980, ketika Bjarne Stroustrup melakukan pekerjaan untuk memperoleh gelar Ph.D. dalam pembuatan contoh program pada artikel ini kita akan menggunakan IDE Dev-C++. 



Struktur program C++

sama seperti struktur program C yang merupakan pendahulunya. C++ hanya memiliki beberapa perbedaan dan pembaharuan, Struktur program C++ terdiri sejumlah blok fungsi, setiap fungsi terdiri dari satu atau beberapa statements (pernyataan) yang akan melaksanakan tugas tertentu.



Secara Teknis program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 bagian utama, yaitu :
  1. Bagian pengarah compiler atau biasa disebut File Header, yang ditandai dengan simbol #
  2. Bagian deklarasi
  3. Bagian definisi
  4. Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // atau pasangan /* … */
Bagian-bagian utama C++

1. Bagian pengarah compiler atau File Header

    File Header adalah file yang berisi deklarasi, baik berupa konstanta, fungsi, kelas, namespace, dan sebagainya. Ingat hanya berisi deklarasi. Apabila berupa fungsi, yang tertulis dalam file header hanya prototipenya saja. File ini tidak berisi implementasi atau kode-kode program dari fungsi atau kelas yang didefinisikan di dalamnya.

    File Header juga merupakan statement praprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. contohnya "iostream" merupakan file program yang mengandung deklarasi kelas-kelas yang diperlukan misal oleh objek "cout".

    C++ menyediakan banyak file header untuk berbagai macam keperluan. perlu diketahui bahwa sebagian besar file header dalam C++ standar sudah tidak memiliki ekstensi ".h" , misalnya <iostream> , <string> , <cstring> dan sebagainya. dalam C++ klasik / tradisional, ekstensi ".h" wajib disertakan, misalnya <iostream.h> , <string.h> , <cstring.h> dan sebagainya.

2. Bagian Deklarasi dan Bagian Definisi

    Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement. Statement C ada dua, yaitu:
  • statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable (bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program).
  • statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek). Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ).


    Dalam contoh program C++ diatas, Return merupakan contoh statement executable yang menginstruksikan agar suatu fungsi mengembalikan nilai balik tertentu. Contoh statement non executable adalah : If, else, dan while.

    Main () adalah contoh fungsi, sedangkan "contohvariabel" adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan.

3. Bagian Komentar

    Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar. C++ tidak mengizinkan komentar bersarang ( nested comment), namun Borland C++ lebih fleksibel dalam hal ini. ini merupakan salah satu alat yang sangat penting meskipun tidak berpengaruh untuk pembacaan program.

Perbedaan "/*...*/" dan "//"
  • /* komentar */
    /*...*/ digunakan untuk memberi tanda komentar pada pernyataan. Dimulai dari tanda /* dan akan diakhiri dimana saja dengan tanda */ . biasanya komentar jenis ini digunakan untuk menuliskan komentar yang banyaknya lebih dari satu baris.
  • // komentar
    penggunaan // digunakan untuk memberi komentar hanya dibaris itu atau setelah tanda //.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Siklus Hidup Pengembangan Multimedia

Melakukan proses scan gambar/ilustrasi/teks dengan alat scanner

Sistem Pakar dan Pengembangannya